National Basketball Association (NBA) Part.1


Halo para basketball lovers.
setelah pada postingan sebelumnya saya sudah menbahas mengenai sejarah dan perkembangan olahraga bola basket pada umumnya, kali ini saya akan mengupas mengenai salah satu liga basket tertua d dunia. Yupz, bener banget kali ini saya mengajak anda untuk mengenali sejarah dan perkembangan NBA, National Basketball Association. Jangan ngaku basketball lovers kalo gak tau yang namanya NBA. Liga basket Negeri Paman Sam ini telah menjadi liga bola basket paling bergensi dan menjelma sebagai poros utama perkembangan bola basket d dunia.

NBA didirikan di New York City pada 6 Juni 1946 dengan nama Basketball Association of America (BAA).BAA didirikan pada 1946 oleh para pemilik arena hoki es besar di Timur Laut dan Midwestern,Amerika Serikat dan Kanada. 1 November 1946, di Toronto, Ontario, Kanada, Toronto Huskies menjadi Tuan Rumah,menjamu New York Knickerbockers Di Maple Leaf Gardens, dimana NBA sekarang menganggap bahwa pertandingan tersebut adalah pertandingan pertama yang dimainkan oleh liga ini.Selama Tahun-Tahun awal, kualitas permainan di BAA tidak jauh lebih baik daripada liga-liga basket yang berdiri secara independen seperti Harlem Globetrotters. Sebagai Contoh, di tahun 1948 finalis ABL,Baltimore Bullets pindah Ke BAA dan langsung menjadi juara di musim pertamanya pindah ke BAA. Disusul kemudian juara ABL 1948, Minneapolis Lakers yang menyebrang k BAA dan memjuarai liga tersebut di musim pertamanya,pada tahun 1949.

Pada saat ini, di kompetisi NBA terdapat 30 klub yang masing-masing berpusat di satu kota, kecuali Los Angeles yang mempunyai dua tim, yaitu Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers.

Awal Tahun 50'an



Pada tanggal 3 Agustus 1949, BAA menyetujui untuk merger dengan NBL, menciptakan liga baru yang diberi nama National Basketball Association (NBA). Liga yang baru ini memiliki tujuh belas club yang terletak di kota-kota besar maupun kecil, serta arena besar dan gimnasium kecil dan gudang senjata (niat banget ya, gak ada lapangan basket, gudang senjata pun di sulap jadi arena basket indoor,red). Pada tahun 1950, NBA berkonsolidasi untuk menjadi 11 waralaba, sebuah proses yang terus berlanjut sampai 1953-1954, ketika liga mencapai jumlah terkecil dengan delapan waralaba, yang dimana semuanya masih berada di bawah naungan liga (Knicks, Celtics, Warriors, Lakers, Royals / Kings, Pistons, Hawks, dan Nationals/76ers).

Proses penyusutan membuat waralaba kecil milik liga pindah ke kota-kota besar.The Hawks berpindah dari "Tri-Cities" (Wilayah Yang sekarang dikenal sebagai Quad City) ke Milwaukee (Tahun 1951) dan kemudian ke St. Louis (Tahun 1955). The Royals dari Rochester pindah ke Cincinnati (Tahun 1957), dan The Pistons dari Fort Wayne pindah Detroit (Tahun 1957).Di tahun 1960, Lakers pindah Ke Los Angeles, Dan Warriors pindah Ke San Francisco pada Tahun 1963. Tahun berikutnya, The Nationals meninggalkan Syracuse untuk pindah ke Philadelphia,dan mengubah nickname mereka dari "Nationals" menjadi "76ers." . Sampai sekarang, dari delapan waralaba asli, hanya Knicks dan Celtics belum direlokasi atau berpindah markas.

Meskipun Wataru Misaka (pemain NBA keturunan Jepang-Amerika) secara teknis meghilangkan perbedaan warna kulit(apartheid) dalam NBA pada musim 1947-1948 ketika ia bermain untuk New York Knicks, 1950 diakui sebagai tahun terpadu bagi NBA. Tahun tersebut menjadi saksi penambahan pemain AmerikaAfrika oleh beberapa tim, termasuk Chuck Cooper dengan Boston Celtics, Nat "Sweetwater" Clifton dengan New York Knicks, dan Earl Lloyd dengan Washington Capitols.

Selama periode ini, Minneapolis Lakers, yang dipimpin oleh George Mikan (center), memenangkan lima kejuaraan NBA dan mengukukkan diri sebagai dinasti pertama penguasa liga. Untuk mencegah mengulur-ulur waktu, liga memperkenalkan aturan menembak dalam 24 detik (24seconds violation) pada tahun 1954.Jika tim tidak berusaha untuk mencetak score (atau bola tidak kontak dengan ring) dalam waktu 24 detik selama penguasaan bola, maka permainan dihentikan dan bola diberikan kepada lawan.

Pada tahun 1957, rookie Bill Russell (C) bergabung dengan Boston Celtics, yang sebelumnya sudah diperkuat oleh Bob Cousy (PG) dan pelatih Red Auerbach. Celtic menjadi jawara NBA pada kala itu, mereka menjuarai sebelas musim, dalam 13 musim kompetisi. Wilt Chamberlain (Center) mengawali karirnya d NBa bersama Warriors pada tahun 1959,dan menjadi bintang tahun 1960-an, Catatan permainan untuk Artikel dalam pengaturan Satu Skor (100) dan rebounding (55). membuat rekor baru permainan tunggal dengan 100 poins dan 55 reboun. Persaingan antara Russell dan Chamberlain menjadi salah satu persaingan individu terbesar dalam sejarah olahraga beregu di Amerika.


Tahun 60'an,The Celtics Dynasty



1960-an didominasi oleh Boston Celtics. Dipimpin Oleh Bill Russell, Bob Cousy Dan pelatih Red Auerbach, Celtics memenangkan setiap kejuaraan di NBA dari musim 1958-1959 berlanjut pada 1965-1966. Itu adalah streak terpanjang dalam sejarah NBA dengan 8 title juara dalam 8 musim berturut-turut. Namun mereka tidak dapat mengulanginya di tahun 1966-1967 namun merebut gelar di musim 1967-1968 dan diulang pada 1968-1969. Secara total, dominasi Celtics tersebut berjumlah 9 kali gelar juara, dalam kurun wakru 10 musim pada tahun 60'an.

Selama periode ini, NBA terus mempercepat proses perpindahan Minneapolis Lakers ke Los Angeles, The Philadelphia Warriors ke San Fransisco, dan Syracuse Nationals ke Philadelphia, serta penambahan waralaba ekspansi pertama. Chicago Packers (sekarang Washington Wizards) menjadi tim NBA ke 9 pada tahun 1961. Kemudian Liga ini mengembangkan diri, dari 9 menjadi 14 waralaba, antara lain Chicago Bulls , Seattle SuperSonics (sekarang Oklahoma City Thunder ), San Diego Rockets (yang 4 tahun kemudian berpindah k Houston dan berganti nama menjadi Houston Rockets), Milwaukee Bucks , dan Phoenix Suns .

Pada tahun 1967, liga menghadapi ancaman eksternal baru dengan pembentukan American Basketball Association (ABA). Liga terlibat dalam perang tawar-menawar. NBA kemudian mendatangkan bintang perguruan tinggi yang paling fenomenal dari era tersebut, Kareem Abdul-Jabbar (yang kemudian dikenal sebagai Lew Alcindor). Namun, pencetak score terbanyak NBA, Rick Barry menyeberang ke ABA, begitu juga empat wasit veteran-Norm Drucker, Earl Strom, John Vanak, dan Joe Gushue.


Tahun 70'an, NBA vs. ABA



The American Basketball Association juga berhasil menandatangani sejumlah bintang besar, termasuk Julius Erving dari Virginia Squires, ini karena tim diizinkan untuk mengambil pemain dari mahasiswa perguruan tinggi sebelum mereka lulus kuliah. NBA berkembang pesat selama periode ini. Dari tahun 1966 sampai 1974, waralaba NBA tumbuh dari 9 menjadi 18. Pada tahun 1970, Portland Trail Blazers, Cleveland Cavaliers, dan Buffalo Braves (sekarang Los Angeles Clippers) bergabung ke dalam liga, membuat jumlah tim menjadi 17. Jazz New Orleans (sekarang di Utah) bergabung pada pada tahun 1974 membawa total menjadi 18. Setelah musim 1976, liga mencapai kesempakatan untuk menambahan empat waralaba ABA kepada NBA, meningkatkan jumlah waralaba di liga pada waktu itu menjadi 22. Waralaba yang ditambahkan adalah San Antonio Spurs, Denver Nuggets, Indiana Pacers dan New York Nets (sekarang New Jersey Nets). Beberapa bintang terbesar era ini adalah Kareem Abdul-Jabbar, Rick Barry, Dave Cowens, Julius Erving, Walt Frazier, Artis Gilmore, George Gervin, Dan Issel dan Pete Maravich.


Tahun 80'an, Magic vs. Bird
Pada tahun ini,NBA untuk pertama kalinya mengenalkan tembakan 3 angka (three-point shoot). Pada tahun yang sama, rookie Larry Bird dan Magic Johnson bergabung dengan Boston Celtics dan Los Angeles Lakers. Masing-masing memulai periode pertumbuhan yang signifikan di NBA,bahkan rivalitas mereka tersehor di seluruh dunia. Johnson melanjutkan memimpin Lakers untuk lima gelar juara dan Bird memimpin Celtics untuk meraih gelar juara ke tiga pada dekade tersebut. Juga di awal era 80-an, NBA menambahkan satu waralaba ekspansi lagi, Dallas Mavericks, sehingga total menjadi 23 tim. Kemudian, Larry Bird memenangkan tiga kontes pertama menembak tiga poin.


Tahun 90'an, Era-nya Michael Jordan
Michael Jordan memasuki liga pada tahun 1984 bersama Chicago Bulls, masuknya Jordan membuat geliat kompetisi NBA semakin menjadi. Hal ini mengakibatkan kota-kota di Amerika lebih menuntut tim milik kota mereka sendiri. Pada tahun 1988 dan 1989, empat kota mendapat keinginan mereka. Antaralain, Charlotte Hornets (sekarang New Orleans Hornets), Miami Heat, Orlando Magic, dan Minnesota Timberwolves membuat debut NBA mereka.
Jordan dan Scottie Pippen memimpin Bulls menuju gelar keenam kejuaraan dalam delapan tahun pada tahun 1990an. Hakeem Olajuwon memenangkan gelar back-to-back dengan Houston Rockets di '94 dan '95.

Olimpiade 1992, adalah oloimpiade pertama dimana USA membentuk The Dream Team dari NBA untuk mewakili USA yang saat itu terdiri dari Michael Jordan bersama dengan Larry Bird, Magic Johnson, David Robinson, Patrick Ewing, Scottie Pippen, Clyde Drexler, Karl Malone, John Stockton, Chris Mullin , Charles Barkley, dan Laettner Kristen.

Pada tahun 1995, NBA diperluas ke Kanada dengan penambahan Grizzlies Vancouver dan Toronto Raptors. Pada tahun 2001, Vancouver Grizzlies dipindahkan ke Memphis, yang meninggalkan Raptors sebagai satu-satunya tim Kanada di NBA.
Pada tahun 1996, NBA menciptakan liga wanita, Women's National Basketball Association (WNBA).
Pada tahun 1998, pemilik NBA mulai lockout yang berlangsung 191 hari dan diselesaikan pada tanggal 18 Januari 1999. Sebagai hasil dari lockout ini NBA musim 1998-1999 berkurang 82-50 permainan. San Antonio Spurs memenangi kejuaraan pada tanggal 25 Juni dengan mengalahkan New York Knicks.


Tahun 2000-2010, Dominasi Lakers dan Spurs
Setelah Chicago Bulls gagal menjurai liga pada musim panas 1998, Konferensi Barat kemudian didominasi oleh Los Angeles Lakers dan San Antonio Spurs yang jika digabungkan, mereka menjadi juara di 9 dari 12 tahun. Satu sama lain, mereka telah memenangkan gelar Western Conference setiap tahun kecuali tahun 2006 (ketika Dallas Mavericks memenangkan gelar konferensi barat). Tim Duncan dan David Robinson memenangkan kejuaraan 1999 bersama San Antonio Spurs. Shaquille O'Neal dan Kobe Bryant mulai tahun 2000 dengan tiga gelar juara berturut-turut yaitu di tahun 2000-2002 bersama Los Angeles Lakers. Spurs kembali mengenggam gelar pada tahun 2003 setelah mengandaskan New Jersey Nets di partai final.

Pada tahun 2004 Lakers kembali ke final, mereka Detroit Pistons dengan score 4-1 dalam format best-of-seven. Musim berikunya, O'Neal dijual ke Miami Heat. Charlotte Bobcats bergabung ke NBA sebagai 30 tim ke 30. Spurs memenangkan juara ketiga mereka di tahun 2005.

Final tahun 2006 menampilkan dua kota yang membuat penampilan pertama mereka final. Miami Heat yang dipimpin oleh bintang mereka shooting guard, Dwyane Wade,dan Shaquille O'Neal menang 4-2 atas Dallas Mavericks setelah sempat tertinggal 2-0.

dominasi Lakers dan Spurs berlanjut di tahun 2007.San Antonio Spurs menyapu LeBron James yang memimpin Cleveland Cavaliers dengan score di final 4-0. Final Tahun 2008 menampilkan 2 tim seteru abadi si NBA,yaittu Boston Celtics dan Los Angeles Lakers. Boston melaju kencang dan mengalahkan Lakers di pantai puncak berkat Big Three mereka Paul Pierce, Ray Allen, dan Kevin Garnett.

Namun, pada tahun 2009 Lakers yang dimotori Kobe Bryant dan Pau Gasol kembali ke final, kali ini mengalahkan Dwight Howard yang memimpin Orlando Magic. ini adalah gelar ke 15 mereka. Kobe Bryant juga memenangkan gelar penghargaan NBA Finals MVP di musim ke 13-nya setelah memimpin Lakers untuk kejuaraan NBA pertama mereka sejak kepergian Shaquille O'Neal. Celtics dan Lakers rematched pada tahun 2010. Lakers berhasil mengamankan gelar juara setelah memenangkan pertarungan sengit di tujuh game mereka.ini menjadikan mereka sebagai tim ke dua di NBA yang terbanyak megoleksi gelar juara, dengan 16 gelar. hanya terpaut satu gelar gari Boston Celtics yang mengoleksi 17 gelar juara NBA.

(Berlanjut ke Artikel ke 2) ^^,

2 komentar:

Anggi Zahriyan mengatakan...

Lengkap banget sob.. mangstabs.

ferdy adi fitra mengatakan...

haha trims sob.
tpi masih kurang ni, msh ad yg perlu d tambah

Poskan Komentar