Euroleague Basketball

Euroleague Basketball


Salam sehat para basketball lovers.
Setelah pada postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai liga bola basket kasta tertinggi di dunia yaitu NBA, kali ini saya akan mmencoba untuk memberika informasi mengenai Euroleague Basketball yang merupankan liga basket paling bergengsi di benua biru tersebut.
langsung saja gan, ini informasinya ^^,

Euroleague Basketball, yang umum dikenal sebagai Euroleague, adalah kasta tertinggi kompetisi bola basket profesional di Eropa, yang terdiri dengan atas 18 tim yang berasal dari negara-negara Eropa berbeda. Kompetisi ini dioperasikan oleh ULEB, sebuah konsorsium Eropa-widw untuk mengelola liga bola basket profesional. Klub dari Israel, adalah satu-satunya wakil dari benua Asia, juga merupakan bagian dari sistem. Selama musim pertandingan, Euroleague disiarkan televisi di 191 negara dan dapat dilihat sampai 200 juta pemirsa televisi mingguan di Cina dan televisi nasional di Amerika Serikat pada NBATV. Final Four Euroleague disiarkan pada televisi di 197 negara.

Liga biasanya, namun tidak selalu, meliputi juara domestik dari negara-negara terkemuka. Tergantung pada negaranya, di Euroleague dapat diberikan atas dasar:

* Kinerja di liga domestik pada musim sebelumnya.
* Kinerja selama dua atau tiga musim sebelumnya di liga domestik.
* Kontrak dengan ULEB.
* Selain itu, pemenang musim sebelumnya Eurocup juga otomatis langsung menerima tempat.

Sebagai contoh, dua kali juara domestik (2007-08) dari ULEB adalah negara-negara anggota yang tidak bersaing di 2008-09 Euroleague, Zadar (Kroasia) dan Hapoel Holon (Israel). Zadar bermain di tingkat Eurocup kedua di 2008-09. Hapoel Holon, bagaimanapun, tidak dapat bersaing di salah satu dari tiga klub kompetisi Eropa kontinental bahkan EuroChallenge tingkat ketiga (yang dijalankan oleh FIBA Eropa bukan ULEB), karena kesulitan keuangan.

namun, mulai dengan musim 2009-10, kriteria masuk telah berubah:

* Tiga belas klub, yang dipilih melalui formula yang berdasarkan kinerja kompetitif, pendapatan televisi, dan home attendance, menerima Lisensi "A", mereka secara otomatis masuk ke fase Euroleague Regular Season. Izin diberikan selama tiga tahun, yang berarti bahwa penyesuaian berikutnya untuk lisensi "A" tidak akan berlangsung sampai 2012-13.
* Delapan klub menerima "B Lisensi" yang diberikan satu-tahun, ke dalam Season Euroleague Reguler. Tujuh dari mereka yang secara langsung dikelompokkan berdasarkan pada peringkat liga domestik di mana mereka bersaing. Kedelapan adalah lisensi wildcard "tiga tahunan" yang berdasarkan pada faktor-faktor yang mirip dengan lisensi A. (lisensi yang pertama diberikan kepada ASVEL Basket dari Perancis.)
* Para pemenang Eurocup tahun sebelumnya menerima satu tahun "C Lisensi" ke dalam Season Euroleague Reguler. Jika klub memenuhi syarat untuk Lisensi B langsung ke Regular Season melalui liga domestik nya, Lisensi C akan diberikan ke klub yang belum memenuhi syarat untuk Season Reguler yang tertinggi pada daftar entri Euroleague.
* Delapan klub lain yang menerima satu tahunan lisensi "B" ke dalam Euroleague babak kualifikasi, dengan dua pemenang yang maju ke Regular Season.


Pembagian Tim-Tim dalam European Champions' Cup



The Euroleague (atau berdasarkan sejarahnya biasa disebut, European Champions' Cup) pada awalnya didirikan oleh FIBA dan dioperasikan di bawah payung regulasi FIBA pula, dari 1958 sampai musim panas tahun 2000, termasuk musim 1999/2000. Saat itulah ULEB, kependekan dari Union of European Leagues of Basketball, diciptakan oleh 24 tim klub terkaya, kebanyakan dari mereka dari Spanyol, Italia dan Yunani.

Hebatnya, FIBA tak pernah dimerek dagangkan dengan nama Euroleague, dan ULEB hanya menggunakannya tanpa ada konsekuensi hukum karena FIBA punya jalur hukum untuk melakukan apa saja, sehingga mereka harus mencari nama baru untuk liga mereka. Dengan demikian, musim 2000/2001 dimulai dengan terpisahnya 2 kompetisi basket Eropa kelas atas, yakni Suproleague FIBA (dikenal sebagai Euroleague FIBA sampai saat itu) dan liga basket baru bentukan ULEB Euroleague.

Keretakan dalam klub basket Eropa awalnya tidak menunjukkan tanda-tanda akan adanya letupan. Klub-klub top juga memisahkan menjadi dua liga: Panathinaikos, Maccabi Tel Aviv, CSKA Moskow dan Efes Pilsen tergabung dengan FIBA, sedangkan Olympiacos Piraeus, Kinder Bologna, Real Madrid, FC Barcelona, Baskonia, dan Benetton Treviso bergabung ke dalam ULEB .

Pada bulan Mei 2001, Eropa memiliki dua juara benua, Maccabi dari Suproleague FIBA dan Kinder Bologna dari Euroleague ULEB. Para pemimpin kedua organisasi menyadari perlu adanya kompetisi single terbaru. Negosiasi alot pun dilangsungkan. ULEB mendikte proses negosiasi dan FIBA tidak punya pilihan selain menyetujui syarat mereka. Sebagai hasilnya, Euroleague sepenuhnya terintegrasi di bawah payung ULEB dan tim-tim yang berkompetisi di Suproleague FIBA pada musim 2000/2001 bergabung juga.

Pada dasarnya, otoritas basket di Eropa dibagi atas garis klub-negara. FIBA bernaung di kompetisi-kompetisi tiap negara tersebut dan bertanggung jawab atas tim nasional (seperti Piala Eropa, Kejuaraan Dunia, dan Olimpiade), sedangkan ULEB mengambil alih kompetisi klub profesional. Sejak saat itu, kejuaraan-kejuaraan FIBA, seperti Korac up dan Saporta Cup merupakan kejuaraan terakhir yang dioperasikan oleh FIBA, ketika ULEB meluncurkan Piala ULEB, sekarang dikenal sebagai Eurocup.


Euroleague Format


Dimulai dengan musim 2009-10, fase pertama Euroleague diawali dengan putaran kualifikasi, yang melibatkan delapan klub menjadi turnamen format gugur yang terdiri dari dua kali pertandingan. Empat klub yang selamat dari Babak Kualifikasi Pertama adalah pasangan terhadap satu sama lain untuk Qualifying Round Kedua, dengan dua pemenang berlanjut di Euroleague. Klub yang gagal di putaran Kualifikasi turun kasta ke ULEB's Eurocup second-tier.

Tahap berikutnya adalah Regular Season, di mana 24 tim berpartisipasi. Pada tahun 2009-10, para peserta mencakup 22 klub secara otomatis masuk ke Regular Season ditambah dua pemenang Qualifying Round. Setiap tim memainkan dua pertandingan (home-an-away) setiap melawan tim lain dalam grupnya. Pada akhir Regular Season, pertempuran dipotong dari 24, menjadi 16 laga. Sebelum 2008-09, tim dibagi menjadi tiga kelompok dengan delapan tim dalam tiap kelompok, dengan lima tim teratas dalam setiap grup ditambah tim yang meduduki peringkat ke 6 maju ke fase berikutnya. Sekarang, Musim Reguler melibatkan empat kelompok dengan enam tim di masing-masing kelompok, dengan empat tim pertama dalam setiap grup melangkah ke babak berikunya.

Tahap kedua, yang dikenal sebagai Top 16, dimulai dengan menampilkan 16 tim yang dapat bertahan dari Regular Season, kemudian mereka di kelompokkan ke dalam empat grup. Seperti dalam Regular Season, masing-masing kelompok Top 16 diperebutkan dalam duoble round-robin format.

Tahap ketiga, babak perempat final, telah dimainkan sejak musim 2004-05. Sebelumnya, hanya pemenang grup yang melaju ke Final Four. Sekarang, pemimpin dan runner up grup dari masing-masing grup yang maju. Di babak perempat final, tim peringkat pertama dari setiap kelompok dipertemukan dengan tim kedua tempat dari kelompok lain dalam seri playoff. Pada musim 2007-08, fase ini masih menggunakan format best-of-three, namun kemudian diperluas menjadi best-of-five untuk 2008-09. Home adnvantage dalam fase ini diberikan kepada tim peringkat pertama masing-masing grup.

Final Four, diadakan di sebuah tempat tersendiri yang telah ditentukan, fitur pemenang dari seri empat kuarter final di KO satu kali pertandingan. Tim yang kalah di fase semifinal bermain untuk memperebutkan tempat ketiga, para pemenang bertempur untuk menjadi juara liga.

Final Four 2009 diadakan pada tanggal 01-03 Mei di O2 World di Berlin. The Final Four 2010 akan diselenggarakan di Palais Omnisports de Paris-Bercy di Paris.
Bacelona akhirnya menjadi juara di Euroleague 2010 ini setelah mengandaskan Olympiacos dipartai final.

Demikian informasi mengenai Euroleague yang dapat saya sampaikan pada basketball lovers semua. Kalo ada yang punya info-info tambahan mengenai artikel ini, moggo d share gan. Biar kita makin nambah pengetahuab di jagat perbasketan dunia, hahaha
Trims ^^,

2 komentar:

Anita Eka Puspita mengatakan...

logonya lebih keren,elegan,dan simple ya..
i lke that..

Anggi Zahriyan mengatakan...

asyik euy.. ada Real Madrid. Ronaldo maaen nggak?

Poskan Komentar